Jumat, 23 Januari 2015

Info Negera Berkembang Mesir

Info Negara Berkembang Mesir...




Nama Resmi Negara: Jumhuriyah Misr Al-'Arabiyah (Arab Republik Of Egypt)
Kepala Negara: Presiden Hosni Mubarak (sejak 1981)
Perdana Menteri: Dr. Kamal El-Ganzoury (sejak 1996)
Hari Nasional: 23 Juli (Hari Revolusi)
Lagu Kebangsaan: Bilady, Bilady, Bilady
Ibu Kota: Cairo
Kode Telp: 20-2
Kurs mata uang: US$ 1 = LE. 3,45 (Pound Egypt)
Beda Waktu Cairo Indonesia (WIB): Lebih lambat 5 jam pada Oktober-April, dan 4 Jam pada bulan Mei-September. JIka di Indonesia jam 5 pagi, maka di Cairo masih jam 12 malam.
Iklim: Musim Panas (Shaif) Mei-Juli, Musim Gugur (Kharif) Agustus-Oktober, Musim Dingin (Syita') November-Januari, Musim Semi (Rabi') Februari-April.
Suhu paling rendah di Cairo berkisara antara 4-12 Deraja Celsius, dan pada puncak musim panas mencapai 42 derajat celcius.
Maskapai Penerbangan: Misr Lit-Thairan (Egypt Air) untuk skala Internasional, Sinar Air (khusus penerbangan regional).
Agama: Islam (85 %), Kristen Coptic (6 %), Yahudi (0,1%), Lain-Lain (8,9%)
Makanan Pokok: Gandum, Roti ('isy), Fuul (Kacang), Beras.
Produk Pertanian: Kapas, Gandum, Jagung, beras, gula, susu, kurma, domba, unta, ayam dll.
Industri Utama: Semen, pupuk, goni, alumunium, petrokimia, gula, besi dan baja, produk kapas, kimia, konstruksi.
Negara Mesir terdiri dari 26 Propinsi (plus 2 Propinsi khusus Luxor), terbagi dalam tiga bagian: Wajhul Bahri (belahan Utara), Wajhul Qibly/Sa'idy (belahan selatan), Syibhu Jazirah Sinai  (propinsi-propinsi di dataran SINAI).

Mesir adalah salah satu negara berkembang yang terletak di kawasan Afrika Utara. Secara astronomis terletak di antara 22oLU – 31,5o LS dan 25oBT – 36oBT dengan luas kurang lebih 1.500.000 km2. Luas wilayahnya sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (Asia Barat Daya) dan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur. Keadaan alam Mesir terbagi menjadi empat daerah utama yaitu:

  1. Semenanjung Sinai. Daerah ini terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan dengan puncak tertinggi terletak di Gunung Jabel Katherina (1.602 m). Semenanjung Sinnai terletak di sebelah timur Terusan Suez dan berbatasan dengan Israel. Semenanjung Sinai dan daratan Mesir dipisahkan oleh Terusan Suez. Terusan ini menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah dan menjadi pintu gerbang Asia ke Eropa, sehingga Mesir memiliki posisi yang sangat strategis dalam jalur pelayaran dunia.
  2. Gurun Arabia. Daerah ini diapit oleh pegunungan di tepi Laut Merah dan Lembah Sungai Nil di bagian barat. Topografi wilayah ini berupa pegunungan sangat kasar, bergelombang dan sangat tandus. Puncak tertinggi terdapat di Gunung Jabel Hemada (1977 m).
  3. Gurun Libya. Gurun Libya terletak di sebelah barat lembah Sungai Nil. Daerah ini iklimnya sangat kering dan topografinya berupa daerah depresi kontinental (permukaan daratan yang lebih rendah dari permukaan laut). Salah satu daerah depresi yang cukup luas di daerah ini adalah Depresi Qatara yang terletak di sebelah selatan Kota El Alamein
  4. Lembah Sungai Nil. Daerah ini berupa dataran rendah yang sangat subur dengan aliran Sungai Nil yang menjadi sungai terpanjang di dunia (5.600 km). Lembah Sungai Nil menjadi pusat pertanian, pemusatan penduduk, sumber air bersih dan irigasi di Mesir. Lembah Sungai Nil juga menjadi pusat peradaban Mesir Kuno (salah satu peradaban tertua di dunia).
  5. Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil (sekitar 40.000 km²). Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni. Mesir terkenal dengan peradaban kuno dan beberapa peninggalan kuno termegah di dunia, misalnya Piramid Giza, Kuil Karnak dan Lembah Raja serta Kuil Ramses. Di Luxor, sebuah kota di wilayah selatan, terdapat kira-kira artefak kuno yang mencakup sekitar 65% artefak kuno di seluruh dunia. Kini, Mesir diakui secara luas sebagai pusat budaya dan politikal utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.


    Penduduk Mesir pada tahun 2002 berjumlah kurang lebih 60 juta jiwa dengan angka pertumbuhan penduduk 3% per tahun. Sebagian besar penduduk bermukim di sepanjang lembah Sungai Nil, dan sekitar 40% tinggal di daerah perkotaan. Perekonomian Mesir bertumpu pada sektor pertanian dan pertambangan. Bendungan Aswan di Sungai Nil berperan penting pada peningkatan pertanian dan industri. Turbin. Bendungan Aswan menghasilkan hidroelektrik (listrik dengan sumber tenaga air) dalam jumlah besar untuk keperluan industri. Air ditampung untuk mengubah daerah gurun yang kering menjadi ribuan hektar tanah pertanian yang subur. Mayoritas penduduk Mesir mencari nafkah dengan cara bertani dengan hasil utama kapas (60% dari seluruh ekspor Mesir), jagung, gandum, tebu, sayuran, kurma dan buah-buahan. Selain sektor pertanian Mesir juga memiliki kekayaan barang tambang yang berupa minyak bumi (terdapat di Semenanjung Sinai, El-Alamein, dan Gurun Arabia), besi, timbal, emas, asbes, krom, dan belerang.

    Keadaan Politik

    Mesir memiliki kedekatan hubungan dengan Indonesia sejak awal kemerdekaan Indonesia. Negara ini adalah Negara yang pertama mengakui Proklamasi kemerdekaan RI. Selain itu, mesir menjalin kerjasama erat melalui berbagai forum internasional dengan Indonesia seperti Konferensi Asia Afrika dan Organisasi Konferensi Islam. Mesir resmi menjadi Negara merdeka sejak 18 Juni 1953 dengan bentuk pemerintahan Republik dan dipimpin presiden pertama Mohammed Anwar Saddat yang memimpin selama lima periode. Pemerintahan di Mesir diatur dengan sistem semipresidensial multipartai, kekuasaan eksekutif dibagi antara presiden dan perdana menteri namun dalam prakteknya kekuasaan terpusat pada presiden. 

    Pada akhir Februari 2005, Presiden Mubarak kembali terpilih dalam pemilu, namun ditengah masa kekuasaannya ia mendapat tekanan politik dari berbagai elemen masyarakat dan rakyat karena di anggap melakukan upaya melanggengkan kekuasaan, memperkaya diri serta di anggap sebagai diktaktor. Akhir Januari 2011 rakyat Mesir menuntut Presiden yang sekarang Berkuasa Hosni Mubarak mengundurkan diri. Pada tanggal 11 Februari 2011 Hosni Mubarak resmi mengundurkan diri. 

    Agama dan Pendidikan

    Mayoritas penduduk Mesir beragama Islam, bahkan 90% dari penduduk Mesir adalah penganut Islam, Sisanya 10% penduduk Mesir menganut agama Kristen. Menurut konstitusi Mesir, semua perundang-undangan harus sesuai dengan hukum Islam. Negara mengakui mazhab Hanafi lewat Kementerian Agama. Imam dilatih di sekolah keahlian untuk imam dan di Universitas Al-Azhar, yang memiliki komite untuk memberikan fatwa untuk masalah agama. Mesir memiliki tokoh-tokoh terkemuka dunia seperti Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh dan Muhammad Ali Pasha. Sistem pendidikan di mesir meliputi Sekolah Dasar , Sekolah Menengah Pertama, sekolah Menengah Atas dan Pendidikan Tinggi.
  6. F. KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK MESIR
    a. Pertanian
    Sektor pertanian Negara Mesir berkembang dengan pesat. Agar produksi pertanian meningkat, di bangunlah beberapa bendungan, yaitu bendungan Aswan, Khartum, Asviut, dan Kairo, tujuannya yaitu untuk irigasi lahan pertanian dan juga untuk mencegah bahaya banjir. Produk pertanian Mesir adalah kapas, tebu, padi, jagung, gandum, gula, kurma dan minyak zaitun. Kapas pernah tercatat sebagai komoditas ekspor terbesar negara Mesir, namun akhir-akhir ini produksi kapas memperoleh saingan berat dari negara-negara penghasil serat sintetis untuk tekstil, seperti Amerika Serikat.
    Penanaman kapas diusahakan di daerah sekitar lembah Sungai Nil. Padi ditanam di Lembah Sungai Nil bagian utara, sedangkan tebu ditanam di lembah Sungai Nil bagian selatan. Padi juga termasuk komoditas ekspor. Petani-petani Mesir disebut Fellah atauFellahin.
    b. Peternakan
    Sektor peternakan banyak diusahakan oleh penduduk nomaden yang berdiam di daerah gurun. Ternak yang dipelihara adalah jenis hewan ternak besar yaitu, domba, biri-biri, dan unta.
    c. Pertambangan
    Sektor pertambangan juga mendukung perekonomian Mesir. Pertambangan di Mesir yang telah berkembang antara lain,adalah minyak bumi, fosfat, bijih besi, dan mangan.
    Daerah Gurun Barat yang kering ternyata banyak mengandung minyak bumi. Selain di Gurun Barat, minyak bumi terdapat pula di sekitar Terusan Suez dan lepas Pantai Sinai. Mangan terdapat di Semenanjung Sinai. Pertambangan bijih besi terdapat di sekitar Bendungan Aswan. Hasil tambang lainnya antara lain, gips, wolfram, dan asbes dalam jumlah kecil.
    d. Perindustrian
    Industri utama Negara Mesir adalah tekstil. Saat ini Mesir sedang mengembangkan industri tekstil dengan bahan-bahan katun, wol, dan rayon. Industri lainnya adalah pupuk, semen, industri besi, baja,bahan kimia, dan mobil. Daerah perindustrian Negara Mesir terdapat di, Iskandariyah, Kairo, Delta Sungai Nil, dan lepas Pantai Sinai.
    f. Pedagangan
    Perekonomian Negara Mesir juga sangat tergantungpada aktivitas perdagangan. Mesir berusaha meningkatkan volume perdagangannya, sehingga devisit perdagangannya dapat diperkecil. Ekspor utama Mesir adalah minyak bumi, kapas, benang tenun, tekstil, fosfat, dan buah-buahan seperti kurma. Negara tujuan utama ekspornya adalah Perancis, Italia, Amerika Serikat, Belanda, dan Rusia. Sedangkan impor ke mesir antara lain mesin-mesin, alat transportasi, bahan-bahan kimia, batu bara, kayu lapis, dan bahan minuman.
    g. Pariwisata / Transportasi
    Pada sektor ini, sangat besar pula peranannya pada perekonomian Mesir. Sektor transportasi misalnya berupa pendapatan dari yang diperoleh dari Terusan Suez, yang sangat membantu perekonomian Mesir.

    G. KEBUDAYAAN MESIR
    Mesir sangat terkenal sebagai salah satu pusat kebudayaan dunia pada zaman purba. Peninggalan-peninggalan kebudayaan Mesir, sepert piramida, sphinx, obelisk, danhiroglif. Piramida terdapat di Giza dan Sakara. Sphinx terdapat di Sakara. Sphinx di bangun 5000 tahun yang silam. Piramida merupakan kuburan para raja. Sphinx adalah patung berkepala manusia berbadan singa yang dimaksudkan untuk melindungi makam para raja. Obelisk adalah tugu segi empat terbuat dari batu. Hiroglif adalah tulisan dan lukisan pada peninggalan kuno.
    Untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia, pemerintah Mesir memberlakukan gerakan wajib belajar. Gerakan ini diwajibkan kepada anak-anak berusia 6-12 tahun. Mereka mendapat keringanan berupa bebas uang sekolah atau uang kuliah. Universitas Al-Azhar adalah universitas di Kairo yang merupakan universitas tertua di dunia yang dibangun pada tahun 910 M. Banyak mahasiswa Islam dari berbagai negara menuntut ilmu di universitas tersebut.
    H. KOTA-KOTA PENTING NEGARA MESIR
    * Kairo : Merupakan kota terbesar di Mesir. Di samping sebagai ibu kota Negara Mesir, kota
    kairo juga sebagai kota pusat keagamaan dan budaya dunia arab.
    * Iskandariah : Merupakan kota terbesar kedua di Negara Mesir. Kota ini merupakan kota
    pelabuhan utama Negara Mesir.
    * Port Said : Merupakan kota pelabuhan yang terletak di ujung utara Terusan Suez. Kota ini
    dijadikan sebagai kota tempat singgah kapal-kapal untu mengisi bahan bakar.

  7. I. HUBUNGAN KERJA SAMA MESIR DENGAN INDONESIA
    1) Bidang Diplomatik
    Contohnya masing-masing negara menempatkan duta besar sebagai perwakilannya.
    2) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan
    * Hampir tiap tahun banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Universitas Al-
    Azhar.
    * Banyak tenaga sarjana dari Negeri Mesir memberikan kuliah di berbagai perguruan tinggi di
    Indonesia.
    * Pada setiap ulang tahun kemerdekaan Negara Mesir, duta besar Mesir mengadakan acara pemberian
    santunan kepada penduduk Indonesia yang tergolong fakir miskin.
    3) Bidang Politik
    Negara Mesir merupakan satu-satunya Negara dari Timur Tengah yang pertama kali mengakui Proklamasi Kemerdekaan republik Indonesia. Mesir juga membantu Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia yaitu denagan cara melakukan pemboikotan terhadap tindakan Negara Belanda untuk kembali menjajah Negara Indonesia.
    4) Bidang Ekonomi
    Di bidang ekonomi, hubungan Mesir dan Indonesia terus dikembangkan, baik melalui kerja sama bilateral maupin organisasi regional. Perdagangan impor utama dari Indonesia antara lain kayu lapis, teh, kopi, dan kertas. Sedangkan ekspor ke Indonesia antara lain berupa kapas, pupuk, dan benang tenun.
    Terimakasih......................

1 komentar:

  1. Las Vegas (NV) Casino - Dr. Dr. CMC
    Enjoy an 천안 출장안마 array of 상주 출장안마 fun 아산 출장마사지 and 경상북도 출장안마 indulgent slots and table games for a full casino experience at our state-of-the-art 남양주 출장샵 casino and restaurant.

    BalasHapus